Selasa, 14 Oktober 2014

Ilmu Budaya Dasar

BAB 1
Ilmu Budaya Dasar sebagai MKDU

      I         1. Pengertian dan Tujuan Ilmu Sosial Dasar dan IPS
Ilmu sosial Dasar yaitu ilmu pengetahuan untuk menyelidiki dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan pengertian fakta,konsep dan teori.
Tujuan ilmu sosial dasar yaitu memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari kenyataan sosial dan masalah sosial dalam masyarakat selalu bersifat kompleks.
Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu ilmu pengetahuan tentang manusia dalam lingkungan hidupnya yang mempelajari kegiatan hidup manusia dalam kelompok yang disebut masyarakat dengan menggunakan berbagai disiplin ilmu sosial, seperti sosiologi, geografi, ekonomi dan sebagainya.
Tujuan ilmu pengetahuan sosial yaitu untuk mengembangkan dan memahami masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat serta mampu membuat analisis yang kritis dan mampu mengambil tindakan yang tepat.

     II.                   2.  3 kelompok ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi 3,yaitu ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial dan ilmu pengetahuan budaya.
  
          1. Ilmu Pengetahuan Alam
              Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang mengkaji gejala-gejala                    alam, baik hayati maupun nonhayati.
          2. Ilmu pengetahuan Sosial
              Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mengkaji kehidupan                      bersama manusia dengan sesamanya.
          3. Ilmu Pengetahuan Budaya
              Ilmu pengetahuan budaya adalah ilmu yang mempelajari                               manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama                        manusia.
III.            3. Perbedaan dan Persamaan ISD dan IPS
o   Perbedaan ISD dan IPS
-  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian. Sedangkan
- Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
o   Persamaan ISD dan IPS
-  Kedua duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan   program pendidikan dan pengajaran.
-        Kedua duanya memiliki materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

IV.            4. Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar

  Ilmu yang di definisikan berdasarkan suatu nilai dalam kependudukan yang bertempat disatu negara yang bisa menilai, menyimpulkan dan juga menganalisis suatu permasalahan yang ada disekitarnya dengan bersosialisasi akan tetapi menggunakan suatu nilai yang terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep dan teori nilai tersebut di ambil sejarah, ekonomi, geografi sosial dan sosiologi.

   V.            5. 3 Golongan bahan dasar ISD

-  Sesuatu yang berkaitan dengan masalah yang berhubungan dengan yang satu dengan yang lainnya, merupakan obyek yang tidak mudah dalam mencari sumber masalah apabila semuanya ikut keterkaitan dalam masalahnya

-        Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyatan-kenyataan sosial antara satu dengan yang lainya saling berkaitan.

-   Konsep-konsep sosial tentang kenyataan sosial di batasi pada konsep dasar atau elementer yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah yang di bahas dalam ilmu pengetahuan sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar