Sabtu, 01 November 2014

Bab 4 Manusia dan Cinta Kasih IBD

BAB 4
MANUSIA DAN CINTA KASIH

1. Pengertian Cinta Kasih
          Cinta dan kasih adalah sesuatu yang sangat berkesan bagi semua manusia. Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi oleh karena itu semua orang memiliki cinta. Selain itu, cinta juga sumber kekuatan dari segalanya. Kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta, karena cinta dapat memberikan dorongan dan motivasi terhadap diri seseorang untuk menghasilkan sesuatu yang diinginkan dapat dicapai dengan indah. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada seseorang yang sangat menaruh belas kasihan. Sehingga rasa kasih memperkuat rasa cinta.
            Cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Walaupun cinta kasih memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentuk keluarga, hubungan erat dalam masyrakat dan hubungan manusiawi yang akrab.

2. 3 Unsur Tentang Cinta
            1. Keterikatan
Adanya perasaan hanya untuk bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain selain dengan dia, ada uang sedikit beli hadiah untuk dia, dan membuat dia bahagia bersamanya.
            2. Keintiman
Adanya kebiasaan dan tingkah laku yang menujukan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi panggilan formal seperti bapak, ibu saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau sebutan sayang.

            3. Kemesraan
Adanya rasa ingin membelai dan ingin dibelai, rasa kangen rindu kalo jauh dan lama tidak bertemu. Adanya ungkapan ungkapan yang menunjukan  rasa sayang.
Tidak semua unsur cinta itu sama kuatnya, kadang ada yang keterikatannya sangat kuat tetapi keintiman atau kemesraannya kurang. Cinta seperti ini mengandung kesetiaan yang kuat dan kecemburuan yang besar, sehingga dirasakan oleh pasangannya sebagai dingan atau hambar karena tidak ada kehangatan yang ditimbulkan oleh kemesraan dan keintiman.
3. 3 Unsur Dalam Cinta Segitiga
            1. Intimasi
Intimasi adalah aspek emosi dari cinta. Intimasi pada awal hubungan tumbuh dengan baik, jika hubungan tidak dijaga dengan baik akan menurun ketitik nol. Bila relasi dan komunikasi tidak bertumbuh dengan baik intimasi menjadi mati.
            2. Passion atau Gairah
Ini adalah sisi motivasi dari segitiga cinta. Sisi gairah ini punya peranan penting bagi perkembangan fisiologis dan keinginan yang kuat untuk bersatu dengan yang dicintainya. Pada mulanya passion bertumbuh cepat dan sangat kuat, sampi tidak lama kemudian passion ini menjadi kebiasaan.
            3. Sisi Komitmen
Ini merupakan segi kognitif dari cinta. Komitmen adalah tekad untuk memelihara cinta. Komitmen ini bertumbuh mulai dari taraf nol saat pertama kali bertemu dengan yang dicintai, dan bertumbuh ketika semakin saling mengenal satu dengan lainnya. Kuncinya adalah saling mengenal dan saling menghargai, bila relasi melemah maka komitmen juga cenderung melemah.

4. Cinta Menurut Ajaran Agama & Bentuk Cinta
          1. Cinta Kepada Tuhan
Cinta kepada Tuhan merupakan cinta yang paling utama pada manusia. Jika kita tidak mencintai Tuhan, bagaimana kita bisa mencintai sesama makhluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu cinta kepada Tuhan adalah cinta yang paling utama.
            2. Cinta Kepada Orang Tua
Cinta kepada orangtua merupakan wajib hukumnya bagi seorang anak. Tanpa adanya orangtua, kita tidak bisa menjadi seperti sekarang. Mau bagaimanapun kondisi orangtua, karakter orangtua , kita harus tetap mencintai karena mereka adalah orang yang sudah mendidik kita dari kecil hingga menjadi seperti ini.
            3. Cinta Kepada Sesama Makhluk Ciptaan Tuhan
Cinta kepada sesama makhluk Tuhan sama saja kita seperti mencintai tuhan. Kita harus berdamai dan menghargai sesama makhluk tuhan. Sebab tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna dan sama derajatnya di mata Tuhan.
            4. Cinta Kepada Rasul
Cinta kepada Rasul merupakan cinta yang paling utama setelah cinta kepada Tuhan. Rasul adalah suri tauladan yang baik bagi kita. Sikap, perbuatan dan akhlak Rasul adalah merupakan terpuji dan harus kita contoh sebagai pedoman dalam hidup.
            5. Cinta Kepada Diri Sendiri
Apabila kita sudah bisa mencintai beberapa point diatas, maka kita akan bisa mencintai diri kita sendiri. Janganlah benci terhadap apa yang telah terjadi dan semua harus di syukuri meskipun itu pahit. Maka akan ada hikmah tersendiri untuk kita.

5. Mengenal Ayat Al-quran tentang Cinta

          1. Cinta Diri
Cinta diri berkaitannya dengan dorongan menjadi diri sendiri. Al-quran telah mengungkapkan cinta alamiah manusia terhadap dirinya sendiri. Kecenderungannya untuk menuntun segala sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi dirinya, dan menghindari diri dari segala sesuatu yang membahayakan kesalahan dirinya melalui ucapan.

            2. Cinta Kepada Sesama Manusia
Agar manusia dapat hidup dengan penuh keserasian dan keharmonisan dengan manusia lainnya, tidak boleh tidak ia harus membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya. Allah ketika memberi isyarat tentang kecintaan manusia pada dirinya sendiri, seperti yang tampak pada keluh kesahnya apabila ia tertimpa kesusahan dan usahanya yang terus menerus untuk memperoleh kebaikan serta kebakhilannya dalam memberikan sebagian karunia yang diperolehnya, setelah itu Allah langsung memberi pujian kepada orang-orang yang berusaha untuk tidak berlebih-lebihan dalam cintanya kepada diri sendiri dan melepaskan diri dari gejala-gejala itu.

            3. Cinta Seksual
Cinta erat berkaitan dengan dorongan seksual. Sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerjasama antara suami dan istri. Ia merupakan faktor yang primer bagi kelangsungan hidup keluarga.

            4. Cinta Kepada Rasul
Cinta kepada rasul, yang ditulis Allah sebagai rahmah bagi seluruh alam semesta, menduduki peringkat ke dua setelah cinta kepada Allah. Ini karena Rasul merupakan ideal sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.
           
           5. Cinta Kebapakan
              Mengingat bahwa antara ayah dengan anak-anaknya tidak terjalin oleh ikatan-            ikatan fisiologis seperti yang menghubungkan si ibu dengan anak-anaknya,                    maka para ahli ilmu jiwa modern berpendapat bahwa dorongan kebapakan                    bukanlah dorongan fisiologis seperti halnya dorongan keibuan, melainkan                      dorongan psikis.

6. Pengertian Kasih Sayang & Macam-Macam Cinta Kasih

          1. Kasih Sayang
Kasih sayang adalah suatu istilah yang konotatif, dan tidak denotatif. Tetapi dia tidak akan muncul dan berkembang tanpa adanya kehendak dari suatu pihak yang memberikannya. Sebelum kita memberi kasih sayang kepada orang lain hendak nya kita menyayangi diri sendiri terlebih dahulu dengan mencerminkan akhlak dan moral yang baik. Kasih sayang menuntun tanggung jawab, pengorbanan, saling percaya, dan saling terbuka masing-masing pihak sehingga antar keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.

Dalam makna lain Kasih Sayang adalah rasa yang didamba setiap insan di dunia, kasih sayang seorang ibu kepada anaknya, sebaliknya kasih sayang seorang anak kepada Orang Tuanya. Kasih sayang akan muncul ketika ada perasaan simpatik dan iba dari dalam diri kepada yang dikasihi, namun kemunculan kasih sayang sangat alamiah dan tidak bisa dibuat-buat atau direkayasa. Setiap insan ingin dirinya disayangi, maka sayangilah orang lain juga. karna dengan merasakan sayang itu setiap insan dapat merasakan kebahagian. Apabila sifat sayang mulai luntur dan sifat dendam, kebenciannya lebih besar maka akan menjadikan kehancuran kepada sesuatu bangsa atau masyarakat.

            2. Macam Macam Cinta Kasih Dari Orang Tua
                    1. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat pasif.
2. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat aktif.
3. Orang tua bersifat pasif, si anak bersifat pasif.
4. Orang tua bersifat aktif, si anak bersifat aktif.
            3. Contoh-contoh Cinta Kasih
1. Cinta kasih antar orang tua dan anak
       Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak. Mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna.
2. Cinta kasih antara pria dan wanita
     Seseorang pria menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan perilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan seuntaian mawar merah, berarti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.
3. Cinta kasih antara manusia
     Apabila seorang sahabat berkunjung ke rumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.
4. Cinta kasih antara manusia dan Tuhan
    Apabila seorang taat beribadah, menurut perintah tuhan, dan menjauhi larangan-Nya, orang itu mempunyai cinta kasih kepada tuhan penciptanya.
5. Cinta kasih manusia terhadap lingkungan
      Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara taman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan sembarangan, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.
7. Kemesaraan
          1. Pengertian Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
            2. Contoh Puisi Kemesraan
                                    Membuatmu Rindu
Maafkan aku yang selalu mengisi malam malammu dengan kerinduan
Tahukah kau
Dalam munajatku ada namamu yang tiada henti aku bicarakan
Selalu ingin aku sampaikan padamu bahwa aku mencintaimu
Dengan kata terbata dan sekujur tanganku melayu

Inilah saksi nyata
Tentang artimu bagi jiwaku

Rindu ini memisahkan kita pada jarak yang tek terhitung
Samar-samar disela lamunan
Hadirmu tampak nyata tapi itu sia-sia
Bila saja hadirmu nyata
Mungkin saja rindu ini sirna

8. Pemujaan
          1. Pengertian Pemujaan
Salah satu mannifestasi cinta manusia kepada Tuhan nya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini ialah karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.

9. Belas Kasihan
            1. Pengertian Belas Kasih
Belas kasih (composian) adalah kebajikan satu di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsip-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian.

            2. Cara Menumpahkan Belas Kasih
Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung pada situasi dan kondisi,  seperti:
-         Ada yang memberikan uang
-         Ada yang memberikan barang
-         Ada yang memberikan pakaian
-         Ada yang memberikan makan, dll

10. Cinta Kasih Erotis
1. Pengertian Cinta Kasih Erotis
Cinta erotis adalah kehausan akan penyatuan sempurna satu dengan yang lainnya. Keinginan untuk bersatu dan berteman dengan lawan jenis, untuk menghilangkan sepi atau untuk menenangkan suatu naluri seksual. Cinta kasih dapat merangsang keinginan untuk bersatu secara seksual. Namun apabila penyatuan fisis tadi tidak dilandasi oleh cinta kasih maka hanya akan membawa pada penyatuan yang bersifat pesta pora dan sementara saja.


Cinta kasih erotis, apabila benar-benar sebuah cinta sejati, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sungguh-sungguh mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima pribadi lawan jenisnya. Cinta ini terjadi antara dua orang anak manusia berlainan jenis, yang ingin menyatukan diri mereka untuk mengisi kekosongan hidup dan sebagai teman hidup dalam mengarungi bahtera kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar